Translate

Saturday 5 July 2014

Saat ujian tiba, Allah ingin kita menang atasnya.

Pada waktu Anda gagal adalah saat Anda sangat membutuhkan itu. Saat Anda gagal apa yang anda lakukan? mengaku dosa – ini lucu. Kadang-kadang gereja umumnya mengajarkan iman seperti ini. Saat Anda kekurangan jangan mengakui kekurangan, tetapi nyatakan, ”Tuhan memenuhi segala keperluanku” saat anda ada penyakit di tubuh anda, jangan mengatakan tentang penyakit, tetapi katakan “Dengan bilur-bilurNya aku sudah sembuh”  Pada saat kita berdosa, mengapa kita tidak bisa bebas dari dosa, saat kita berdosa waktu itulah kita berkata “aku dibenarkan oleh kebenaran Tuhan dalam Yesus Kristus”  terus menerus  lalu menerima, khususnya saat Anda gagal.


Jika saya adalah iblis, tentu saja bukan iblis. Jika saya adalah iblis, kira-kira pengajaran apa yang akan saya serang. Saya akan mengajarkan kebenaran sebagai upah (pengajaran demikian untuk didapatkan dan saya akan mengecilkan anugerah dan mematikan karakter) daripada sebagai orang yang berkotbah tentang kasih karunia. Alkitab memberitahukan kepada kita mengenai dua pemberian ini. Kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, kita berkuasa dalam hidup. Saat Anda berkuasa atas kehidupan, iblis dikalahkan, penyakit dikalahkan, kemiskinan dikalahkan. Tuhan ingin berkuasa atas kehidupan anda.

Maka, saya akan mengkotbahkan kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran. Firman Tuhan berkata bahwa Abraham, adalah contoh yang sempurna, bapa iman, dia percaya kepada Tuhan dan Tuhan memperhitungkan itu sebagai kebenaran. Beberapa orang memiliki pendapat, bahwa Abraham melakukan hukum Taurat, dengan sempurna sehingga Tuhan menyebutnya sahabat-Ku, tapi kenyataannya Abraham hidup, kira-kira 400 tahun sebelum hukum Taurat diberikan di gunung Sinai. Kita tahu bahwa, Abraham hidup jauh sebelum Musa hidup. Pendapat yang mengatakan, ”Jika kamu tidak mentaati hukum Taurat, kamu akan hidup durhaka, silahkan tanya itu pada Yusuf yang hidup sebelum ada hukum Taurat. Dia bisa berkata tidak pada istri Potifar. Dia bisa berkata tidak pada wanita itu. Kenapa?

Karena Yusuf sangat dekat dengan Tuhan. Dia memiliki hubungan karib dengan Tuhan. Kita tidak memiliki hubungan karib dengan 2 loh batu (yang berkata  ”janganlah kamu ini, janganlah kamu itu) Hukum Taurat membuat Anda mengandalkan diri sendiri.   Kasih karunia membuat Anda mengandalkan Kristus. ”Jangan kamu ini atau jangan kamu itu” Adalah berpusat pada manusia. Namun Tuhan membawa Perjanjian Baru melalui darah Yesus Kristus dimana Perjanjian Baru berkata ”Aku akan menaruh hukum-hukum Ku dalam hati mereka, Aku menjadi Allah mereka, dan mengampuni kesalahan-kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat-ingat dosa-dosa mereka.

”Selalu, ”Aku akan, Aku akan…” Semua oleh Tuhan! Dia membuat kita mengandalkan Kristus. Abraham bukanlah orang yang sempurna Saat berumur 75 tahun, Alkitab mengatakan. Dia mendapatkan panggilan Tuhan. Karena ada kelaparan di negeri itu, Abraham melewati Kanaan dan langsung menuju Mesir. Tuhan tidak pernah bermaksud untuk dia pergi ke Mesir dengan kemauannya.

Saat di Mesir dia menyadari bahwa istrinya sangat cantik dan pria akan melihatnya. Bukannya berkata, ”Dia istriku, jangan ganggu dia!"  Dia berkata, ”Aku tahu engkau wanita yang cantik. Jika Firaun atau hamba-hambanya menginginkan engkau, katakan saja kepada mereka bahwa engkau adikku, Mengerti?" Dia memiliki alasan yang sangat rohani untuk itu sehingga aku dibiarkan hidup karena engkau, itulah Abraham.

Pegawai-pegawi Firaun melihat bahwa Sara sangat cantik,mereka merekomendasikannya kepada Firaun, dan Firaun membawanya ke dalam istananya. Dan Alkitab berkata, Tuhan menimpakan tulah yang hebat atas seluruh istana Firaun. Firaun menyadari bahwa tulah itu terjadi karena wanita itu. Singkat cerita, Anda tahu ceritanya. Firaun mengembalikan wanita itu kepada Abraham, bukan hanya itu, Firaun memberikan kepadanya kawanan ternak, emas dan perak, begitu banyak sehingga di pasal berikutnya, dikatakan Abraham sangat kaya, banyak ternak perak dan emasnya.

Itu sudah pasti bukan kekayaan rohani. Itu adalah kekayaan nyata dapat disentuh dan dinikmati. Berkat Abraham yang paling pertama adalah Tuhan membuatnya kaya. Anda pasti mengira, Abraham belajar dari kesalahannya dan bertobat bukan? Tapi 20 tahun lebih setelah itu, ada raja yang lain. Abimelekh nama raja itu, Raja dari gerar.

Kejadian.20:2-7 Oleh karena Abraham telah mengatakan tentang Sara, isterinya: "Dia saudaraku," maka Abimelekh, raja Gerar, menyuruh mengambil Sara. 3  Tetapi pada waktu malam Allah datang kepada Abimelekh dalam suatu mimpi serta berfirman kepadanya: "Engkau harus mati oleh karena perempuan yang telah kauambil itu; sebab ia sudah bersuami.“ 4  Adapun Abimelekh belum menghampiri Sara.

Berkatalah ia: "Tuhan! Apakah Engkau membunuh bangsa yang tak bersalah? 5  Bukankah orang itu sendiri mengatakan kepadaku: Dia saudaraku? Dan perempuan itu sendiri telah mengatakan: Ia saudaraku. Jadi hal ini kulakukan dengan hati yang tulus dan dengan tangan yang suci." 6  Lalu berfirmanlah Allah kepadanya dalam mimpi: "Aku tahu juga, bahwa engkau telah melakukan hal itu dengan hati yang tulus, maka Akupun telah mencegah engkau untuk berbuat dosa terhadap Aku; sebab itu Aku tidak membiarkan engkau menjamah dia.

Jadi sekarang, kembalikanlah isteri orang itu, sebab dia seorang nabi; ia akan berdoa untuk engkau, maka engkau tetap hidup; tetapi jika engkau tidak mengembalikan dia, ketahuilah, engkau pasti mati, engkau dan semua orang yang bersama-sama dengan engkau." “Oleh karena Abraham telah mengatakan tentang Sara, istrinya: ”Dia saudaraku…’ Abraham kembali melakukan hal itu, urusan adik perempuan ini…. maka Abimeleh…”

Tunggu dulu Anda tahu berapa umur Sara waktu itu? Baru saja kita berbicara mengenai Firaun saat Firaun melihar wanita itu, Sara baru berumur 65 tahun 10 tahun lebih muda dari Abraham. Firaun melihat kecantikannya saat berumur 65 tahun. Setelah 20 tahun berlalu, dia berumur kira-kira 90 tahun Abraham hampir berumur 100 tahun.

Seorang raja lain, melihat kecantikan Sara. Ini bukan kecantikan rohani, raja ini melihat dengan mata jasmaninya, Mereka bukan raja yang rohani, mereka melihat dengan mata kepala. Dengan kata lain, bagian dari berkat Abraham adalah bahwa, istri Anda akan diperbahurui masa mudanya seperti burung rajawali (Burung Rajawali memiliki siklus merontokkan bulu dan memecahkan paruh, berdiam diri sampai bulu dan barunya tumbuh kembali, baru, muda lagi), Sekalipun Anda tidak sempurna. Semua itu termasuk berkat Abraham, Anda menjadi awet muda.

Tuhan memperbarui masa muda Anda seperti burung rajawali, dan itu benar-benar terjadi. Saat burung rajawali menjadi tua dia terbang tinggi ke pegunungan berbatu, menemukan tempat dan membersihkan dirinya, mencabut semua bulu sayapnya, dia menunggu dan menunggu di dihadirat Tuhan  Akhirnya dia memiliki sayap yang baru  Sayap yang indah, kuat dan bercahaya. Bulu sayap yang baru, kemudian dia terbang tinggi ke matahari terbenam.

Kali ini dengan perpaduan yang indah. Tubuh yang baru, namun dengan pikiran yang baru sudah dewasa. Tuhan ingin melakukan itu untuk Anda. Tuhan memperbarui masa muda kita seperti pada burung rajawali. Itu semua ada dalam berkat-berkat Abraham. Tuhan membuatnya kaya, masa muda Abraham diperbaharui, karena Tuhan membuatnya kaya, masa muda Abraham , karena pada umur 100 tahun dia memiliki anak laki-laki. Jadi, orang ini cukup produktif. Pada umur hampir 100 tahun, dia benar-benar pintar.

Semua itu ada dalam berkat Abraham. Para wanita, sebelum Anda mengatakan ”amin” pada berkat Abraham, pikirkan konsekuensinya, karena tubuh Anda akan benar-benar diperbaharui. Disini kita tahu bahwa tubuh Sara benar-benar diperbaharui, kemudaannya dan kekuatannya. Kej.20:2-7 “maka Abimelekh raja Gerar, menyuruh mengambil Sara…tetapi pada waktu malam Allah datang kepada Abimelekh dalam suatu mimpi…serta berfirman kepadanya:”Engkau harus mati…”kalau kita abaca cerita ini mengapa Tuhan datang pada orang yang salah. Mestinya Tuhan kan seharusnya muncul pada Abraham, Abraham berbohong. Tetapi Tuhan datang pada orang yang salah dan menegur orang yang salah.

Kita harus memahami sesuatu tentang anugerah kebenaran. Ketika Tuhan berkata bahwa Ia membenarkan Anda oleh iman, Anda benar-benar dibenarkan oleh Iman.  Bersama Tuhan tidak ada kata-kata yang tidak berarti. Tuhan tidak berjanji untuk menjawab doa Anda, tapi jauh lebih banyak dari yang anda doakan atau pikirkan. 

Masalah kita adalah kita tidak percaya kita adalah orang benar. Kita menilai status kita dengan hasil kerja kita. Padahal statusnya kita menilai hasil kerja kita dengan status kita.  Kita dibenarkan, saya orang benar!! Alkitab berkata, kita dibenarkan oleh iman. Kenapa oleh iman? Karena Tuhan tahu bahwa, saat bangun pada pagi hari tertentu Anda bangun dan, Anda merasa sangat tidak bersih, kotor atau berdosa. Yang perlu Anda katakan adalah katakan, ”Aku dibenarkan oleh Iman” Semua karena iman. 

Namun Allah melihat Anda sebagai orang benar.  Tidak ada kata-kata yang tidak berarti disitu. Dia benar-benar melihat Anda sebagai orang benar. Kadang-kadang membingungkan karena, setelah kita berdosa, kita tidak mengharapkan untuk mendengar suara Tuhan.  Paling tidak itulah yang diajarkan kepada kita. Anda tahu, justru disaat itulah Tuhan paling banyak berbicara kepada Anda.

Kain mendengar suara Tuhan setelah membunuh adiknya Tuhan memberinya kesempatan. Anugerah kebenaran yang diterima Abraham tidak bisa dibatalkan. Jika Anda dibenarkan hingga dosa anda yang berikutnya. Alkitab berkata melalui nubuatan Daniel, Yesus membawa masuk semua kebenaran kekal apa yang Anda lakukan tidak dapat mengubah status Anda.  Apakah itu membuat Anda ingin berbuat dosa?  Tidak. Tetapi itu membuat Anda ingin berdiri dan menyatakan status Anda di dalam Kritus.

Anda bisa saja berkendaraan di jalan.  Melihat kecelakaan dan langsung berdoa  “Bapa tolong orang itu, sembuhkan tubuhnya tolong agar ia mengenal Tuhan Yesus Kristus. Anda harus menggunakan keuntungan status Anda di dalam Tuhan. Jangan pernah menghakimi status Anda, berdasarkan hasil kerja Anda.

Darah Yesus telah menyucikan kita dari tempat di mana kekudusanNya, tidak dapat melihat sedikitpun kebenaran, ke tempat di mana mataNya dapat melihat tidak ada dosa sama sekali. Seperti itulah betapa mengagumkan dan sempurna pekerjaan Yesus  Kejadian 20:2-7 Tetapi pada waktu malam Allah datang kepada Abimelekh dalam suatu mimpi…serta berfirman kepadanya ;”Engkau harus mati oleh karena perempuan…yang telah kau ambil itu; sebab ia sudah bersuami.


”Bukankah orang itu sendiri mengatakan kepadaku; ”Dia saudaraku? “Dan perempuan itu sendiri telah mengatakan: Ia saudaraku…jadi hal ini kulakukan dengan hati yang tulus dan dengan tangan yang suci. ”Aku tahu juga, bahwa engkau telah melakukan hal itu dengan hati yang tulus maka Akupun telah mencegah engkau untuk berbuat dosa terhadap Aku” Jadi sekarang.

kembalikanlah istri orang itu, sebab dia seorang nabi. Jika orang seperti itu adalah nabi, saya juga adalah nabi. Anda adalah seorang nabi. Ada teori hukum menafsirkan Alkitab yang disebut hukum disebutkan pertama kali.  Disini pertama kalinya kata “nabi “muncul. Bukan oleh hukum Taurat, karena dia hidup sebelum hukum Taurat. 

Ia akan berdoa untuk engkau maka engkau tetap hidup, engkau dan semua orang yang bersama-sama dengan engkau. Ayat 14 “Kemudian Abimelekh mengambil kambing domba dan lembu sapi. Lagi-lagi, ia bertambah kaya. Ayat 17 ”Lalu Abraham berdoa kepada Allah. Dan Allah menyembuhkan Abimelekh…dan istrinya dan budak-budaknya perempuan, sehingga mereka melahirkan anak….Sebab tadinya Tuhan telah menutup kandungan setiap… perempuan di istana Abimelekh karena Sara, istri Abimeleh itu.

Di ayat ini pertama kali disebutkan kesembuhan di alkitab itu pasti ada hubungannya dengan orang yang tahu bahwa dia dibenarkan karena iman. Mungkin, alasan kenapa kita tidak melihat hasil saat berdoa bagi orang sakit… adalah karena kita masih berusaha untuk mendapatkan kesembuhan… berdasarkan hasil kerja kita…kesembuhan datang, saat Anda menyadari Anda dibenarkan oleh Iman.

Anda dapat berdoa bagi orang lain, dan kesembuhan akan datang. Amin..  Iman dari orang yang mendoakan akan menyelamatkan yang sakit dan jika engkau berbuat dosa, engkau sudah diampuni dalam aliran yang sama. Banyak orang menganggap dirinya sendiri tidak layak secara mental…bila mimbar gereja untuk mengkotbahkan penghakiman atas orang-orang. Abraham dibenarkan karena iman Dia menerima kesembuhan bukan karena dia sempurna atau dia berdoa untuk orang lain, bukan karena dia sempurna Dia dibenarkan oleh iman.

Apakah Anda ingin tahu kenapa Tubuh Kristus sekarang ini, Karena gereja kita adalah gereja pengharapan dan kasih karunia. Gereja ini sama sekali tidak ada keraguan bahwa berkat-berkat Tuhan tinggal di gereja ini. Saat ada percaya dengan benar, Anda akan hidup dengan benar. Anda akan benar menerima. Segalanya akan baik-baik saja.Amin.

Pdt Felix Agus Virgianto
20 Mei 2014


No comments:

Post a Comment