Translate

Sunday 6 July 2014

Pertahaan yang terbaik melawan iblis (Session 2)


Dan Ia gembalakan yang baik Ia meninggalkan yang 99 domba, untuk mencari anda. Ia akan meninggalkan semua yang sudah selamat demi mencari anda. Sebab itu anda yang menjadi jemaat di sini bukan barang kebetulan. Yesus akan menemukan domba yang satu itu, yang penting bagiNya. 

Dan saat gembala itu menemukan domba yang tersesat itu, sama seperti yang Alkitab tuliskan. Ia menggendong domba itu di atas pundakNya ( bahu). Perhatikan, anda tidak harus “menggendong” diri anda sendiri. Anda perlu berpangku tangan di bahuNya yang kuat. Dan Yesus berkata, satu jiwa diselamatkan sorga bersukacita. Kita mengerti ini sudah begitu lama dan kita bertanya, ”Dimana bagian pertobatannya bagi domba itu? 


Domba itu hilang, si gembala meninggalkan yang 99 ekor gembala itu pergi, mencari, menemukannya, mengangkatnya, menggendongnya, gembala itu membawanya pulang dan berkata. ”Bersukacitalah bersamaku” Apa yang domba itu lakukan? Hanya beristirahat saja.

Dan Ia katakan, sorga bersukacita ketika satu jiwa diselamatkan, sedang domba ini. Bagaimana caranya ia bertobat? Ada segala macam pemikiran lain mengenai hal pertobatan ini. Pertobatan artinya anda berkenan untuk dikasihi, diselamatkan, digendong berkenan agar Yesus memberikan kuasaNya dan kasihNya kepada anda? Itulah yang sebenarnya, Gereja Tuhan. Tadi yang dibahu. 

Tapi nama nama Israel terukir di dalam hati. Kata : Hati. Dan itu dipakai dalam Keluaran 28. Hati imam besar. Hati adalah tempat lahirnya kasih. Tahukah anda saat ini Yesus mengangkat kita dengan kuasaNya dan Ia mengasihi kita semua dengan kasih Nya. Kita diangkat oleh kasihNya dan dipelihara oleh kasihNya. 

Dan kita didalam hati Nya. Semoga Dia juga di dalam hati anda. Hal terakhir berikutnya adalah seperti pada tutup dadanya nama-nama ini terukir di atas permata tatahan. Nama-nama ini tidak ditulis sehingga tak bisa dihapus melainkan diukir supaya tak seorangpun akan dapat menghapus nama anda. 

Bagaimana dengan Wahyu yang berkata ”Aku tidak akan menghapus namanya". Itulah yang Yesus katakan, “Aku tidak akan menghapus namanya” Apa artinya itu? Saat Yesus mati dan darahNya tercurah Nama setiap orang ada di sana. Tetapi di akhir riwayat anda, anda menolak ketetapan Allah, menolak Yesus Kristus, Allah akan menghapus nama Anda.

Jadi bukan saat anda menerima Yesus, ia langsung menuliskan nama anda. Tuhan sudah mengetahui semua sebelumnya. Allah percaya yang terbaik pada setiap orang. Dan Yesus wafat bagi seluruh umat manusia. Jadi, nama semua manusia sudah tercatat dalam Kitab Kehidupan. Tetapi jika di akhir riwayat anda, anda menolak Yesus Kristus. Saya berbicara tentang orang dunia. Karena ketika anda menerima Yesus. Anda sudah mendapatkan keselamatan hidup yang kekal. Sebaliknya, tidak perlu menerima Dia. Jika tidak ingin diselamatkan..

Anda telah diselamatkan selamanya dari sejak hari pertobatan itu. Sebab itu, saya berbicara tentang orang dunia. Nama-nama orang non Kristen juga tercatat di kitab kehidupan. Tapi saat meninggalkan dunia ini, mereka tidak mau menerima Yesus, maka nama mereka dihapuskan. Tapi Tuhan tak akan pernah menghapuskan nama anak-anakNya. Yesus berkata,”Domba-domba Ku mendengar suara Ku. 

"Dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka Yohanes 10:28” Hidup kekal disini bukan berarti selamat, anda tidak berbuat dosa. Hidup kekal itu untuk selamanya. Nama anda telah diukirkan. Oke? Dan mengapa menggunakan permata tatahan? Karena Allah ingin anda tahu bahwa anda istimewa bagi Nya. 

Dan cara ia menghargai anda kasihNya tidak membedakan manusia. Tetapi Ia melihat ada keistimewaan yang berbeda-beda pada kita semua. Seperti nama-nama ini, ada yang diukir di atas permata rubi, safir kecubung, yaspis hijau. Begitu pula dengan kita, setiap dari kita, kita itu unik dan istimewa, dan Tuhan mengasihi kita. Anda adalah permata tatahan bagi Yesus. Ia menunjukkan anda kepada Bapa seperti ini. 

Jangan lupa Allah itu terang. Apa yang terjadi kepada permata-permata ini ketika terkena cahaya, terang itu menyinarinya. Dan memantulkan kembali keindahannya.. Saya mau anda ingat hal ini setiap kali anda datang berdoa kepada Bapa. Terang dalam Tuhan tidak menerangi dosa-dosa anda terang Tuhan menunjukkan betapa dengan sempurnanya darah Yesus, telah menebus segala dosa anda. Darah ini menujukkan pengorbanan AnakNya dan betapa mulianya itu. Jangan takut terhadap terang itu. Datang kepada terang itu kesempurnaan karya Yesus terpancar dari sana. Bahwa ketaatan satu orang telah membenarkan anda

Pdt Felix Aguv Virgianto
28 Juni 2014

No comments:

Post a Comment