Translate

Saturday 1 June 2013

JALAN MENUJU KEBINASAAN



Bagi orang Kristen yang ditentukan untuk binasa akan banyak jalan dan banyak pilihan yang membuat jalan dan pilihannya salah, jalan dan pilihannya itulah yang menghantar dirinya untuk memimpin dirinya menuju kebinasaan seperti Yudas Iskariot Yohanes 17:12

Yohanes 17:12
Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara merek dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjada mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam kitab suci.

Umumnya orang menganggap Yudas telah menghianati dan menjual Yesus, inilah jalan dan pilihan bagi Yudas untuk menggenapi kalimat bahwa Ia ditentukan untuk binasa.

Roma 1:17
Sebab didalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: “Orang benar akan hidup oleh iman.”



Sekarang bagi orang Kristen yang juga seperti Yudas, jalan dan pilihan apa yang membuat orang Kristen juga binasa?

Meskipun penyelamatan Allah disediakan untuk manusia, tetapi bukan setiap orang bisa mendapatkannya.
Meskipun setiap orang bisa terlepas dari hukum Taurat, tetapi bukan setiap orang Kristen bisa mendapatkan kelepasan ini.

Bagi orang Kristen yang percaya tetapi tidak pernah berusaha untuk mengakhiri Taurat dalam dirinya inilah jalan dan pilihan bagi orang yang ditentukan untuk binasa. Jalan dan pilihan harus hanya satu saja. Tuhan Yesus harus satu-satunya jalan. Injil kasih karunia juga satu-satunya sebagai pilihan hidupnya.



Jangan punya pilihan yang banyak dengan melalui: Puasa sebagai pilihan alternative untuk mendapatkan doa. Persepuluhan  jangan menjadi pengharapan untuk memperoleh berkat. Ibadah untuk kesalehan, kesucian, kebenaran, memelihara keselamatan, kedewasaan. Sunat menjadi pengaharapan atas keselamatan.

Gereja lain adalah percampuran antara Perjanjian baru dengan Perjanjian lama. Yang dipraktekan dalam ibadah dan ibadah mereka kebanyakan menurut corak, kebiasan dan liturgi Perjanjian lama. Mereka membakar kemenyan dan mengenakan jubah imam menurut praktek perjanjian lama, tetapi mereka menganggap bahwa mereka mempraktekkan ibadah perjanjian baru.

Pengajaran mereka juga campur aduk. Mereka tidak membedakan pengajaran Perjanjian Baru dengan Perjanjian Lama. Demikian juga dengan kelompok kekristenan yang menekankan hari sabat, pengajaran mereka hamper seluruhnya menurut perjanjian lama dan masih banyak orang Kristen juga sama, masih mencampur adukan Perjanjian Baru dengan Perjanjian Lama dalam hal percaya Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, tetapi masih hidup dibawah hukum Taurat, bukannya percaya kepada Yesus seharusnya juga mengakhiri semua pekerjaan hukum Taurat.




Yesaya 43:1-2 JANJI PENYERTAAN TUHAN UNTUK UMAT TEBUSANNYA
1 – tetapi sekarang, beginilah Firman Tuhan yang mencipatakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel:”Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku.
2 – apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau meleui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau.

Aku telah memanggil engkau dengan namamu.
Ini adalah anugerah yang luar biasa dasyatnya! Hanya karena kuasa anugerah inilah Pencipta langit dan bumi yang Maha Kuasa memberi perhatian kepada kita secara pribadi, bahkan Yesus berkata bahwa rambut diatas kepala kita pun Tuhan tahu jumlahnya secara pasti.

Engkau ini kepunyaan-Ku.
Umat Tuhan adalah harta milik Allah yang terbesar. Sebagai mana harta milik manusia dijag baik-baik dan dilindungi, demikian pun kita sebagai harga milik Allah yang terbesar, pasti dijaga dan dilindungiNya.

Air tidak menghanyutkan, Api tidak menghanguskan.
Ditengah-tengah air dan api, Tuhan memberikan janji penyertaanNya yang indah (ayat2). Dengan berkat penyertaan Tuhan maka umat Tuhan akan selamat melaui air dan api. Perhatikan istilah “melalui” = menyeberang melalui air dan tidak dihanyutkan; Berjalan melalui api artinya Tuhan akan memberikan kekuatan dan kemenangan atas air dan api.

KERAJAAN MAUT DAN KERAJAAN ALLAH

Hanya melalui injil, orang percaya dapat berpindah dari kerajaan maut kepada kerajaan Allah.

Yohanes 5:24
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup.

Bukti dan hasil dari seorang percaya kepada Tuhan yaitu telah pindah dari: Kerajaan maut kepada Kerajaan Allah.

Kerajaan Maut adalah:
  1.  Tetap dibawah hukum dosa dan hukum maut Roma 8:1,2
  2.  Tetap dalam pelayanan yang memimpin kepada hukuman dan kematian 2 Korintus 3:9,7
  3.  Tetap hidup dalam perbudakan Galatia 4:1
  4. Tetap hidup diluar Kristus dan kasih karunia Galatia 5:4
  5. Tetap hidup dibawah hukum Taurat Roma 7:4
  6. Tetap hidup berdasarkan perbuatan bukan dengan iman dan firman injil Kerajaan Allah.

Bukti dan hasil dari sorang percaya kepada Tuhan yaitu telah pindah dari: Kerajaan maut kepada Kerajaan Allah adalah:
  1.  Hidup dalam damai Sejahtera.
  2. Sukacita dalam Roh Kudus.
  3. Iman dalam Kebenaran Injil Kerajaan Allah.
  4. Hidup dalam kemerdekaan dalam Kristus.
  5. Tubuh dosa dan tubuh maut telah hilang kuasanya Roma 6:6;7:24
  6. Iman atas pemberitaan oleh Injil Kerajaan Allah Kisah para rasul 13:48; Filipi 1:27

Untuk memperoleh bukti dan hasil dari soerang percaya kepada Tuhan orang percaya harus telah:
  1. Telah memperoleh hidup dalam kemerdekaan.
  2. Telah mati bagi hukum Taurat, oleh hukum Taurat untuk hukum Taurat.
  3. Telah mati terhadap dosa.
  4. Telah disalibkan bersama dengan Kristus.
  5. Telah mati bersama dengan Kristus.
  6. Manusia lama harus telah mati.

Pdt. Felix Agus Virgianto

No comments:

Post a Comment