Translate

Friday 31 May 2013

KebangkitanNya menjadikan kita menjadi satu Roh dengan Kristus

Menjadikan jalan masuk kepada Bapa bersama dengan Kristus Efesus 2:18
Menjadikan kita hidup untuk kebenaran melalui tubuhNya yang tersalib 1 Petrus 2:24
Menjadikan kita merdeka dari dosa dan maut tidak lagi dijajah olehnya Roma 8:2
Menjadikan kita memperoleh kemenangan dalam kemenangan atas kebangkitanNya 1 Yohanes 5:4
Tubuh dosa dan tubuh mau telah hilang kuasanya Roma 6:6

Setelah kita mati terhadap hukum taurat, baru kita bisa menjadi orang percaya yang akan hidup bersama dengan Kristus.
Roma 6:8b kita percaya, bahwa kita akan hidup juga dengan Dia. 9 – Karena kita tahu, bahwa Kristus, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, tidak mati lagi, maut tidak lagi berkuasa atas Dia.
Kebangkitan Kristus membuat kita memperoleh Roh yang memberi hidup untuk hidup yang tidak akan binasa.

Kebangkitan Kristus membuat maut tidak bisa lagi berkuasa atas Kristus, dan juga membuat kita kepada kemenangan atas maut.
Kepercayaan kita kepada Kristus atas kebangkitanNya akan membuat kita bisa hidup dengan Dia, agar kita dapat memperoleh jalan masuk kepada Bapa Efesus 2:18 Karena oleh Dia kita kedua pihak dalam satu Roh beroleh jalan masuk kepada Bapa.

Tanpa kebangkitan kita tidak memperoleh jalan masuk kepada Bapa.
Sebab pada waktu Yesus bangkit dari kematian pada waktu Maria ingin menjamah Tubuh Kristus, Yesus melarangnya sebab Yesus belum pergi kepada Bapa, setelah sore harinya Yesus bertemu dengan murid-muridNya baru Yesus meminta mereka menjamah luka Yesus.

Menjadikan kita hidup untuk kebenaran melalui tubuhNya yang tersalib 1 Petrus 2:24
Hidup dalam kebenaran melalui tubuh Kristus adalah kebenaran dalam anugerahNya bukan dalam tuntutan hukum.

Tubuh Kristus yang telah tersalib harus menjadi dasar kepercayaan kita sebagai pondasi kekristenan, agar kebangkitan Kristus menjadikan kita ikut serta dalam kematian dan kebangkitanNya. Inilah cara Allah menyelamatkan kita dari tuntutan Taurat Allah yang telah dilakukan oleh Kristus atas kita. Dengan demikian kita telah mati terhadap dosa, dosa tidak lagi berkuasa atas kita, sebab kita telah dihadapan Allah.

Menjadikan kita merdeka dari dosa dan maut, tidak dijajah lagi olehnya Roma 8:2
Kemerdekaan yang sejati dalam hidup kita bila hukum dosa dan hukum mau tidak lagi menjadi hukum dalam hidup kit, inilah kemenangan atas kebangkitan Kristus atas kita.
Kebangkitan Kristus berdampak bagi kit agar tubuh dosa dan tubuh maut tidak berkuasa atas tubuh, jiwa yang masih melekat pada kita orang percaya, karena kita masih hidup di dunia ini.

Menjadikan kita memperoleh kemenangan dalam kemenangan atas kebangkitanNya 1Yohanes 5:4 sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia:iman kita.
Beriman atas kematian dan kebangkitanNya membuat kita lahir baru, lahir dari iman atas pendengaran kita sehingga kita dapat mengalahkan segala sesuatu yang menghambat kita untuk memperoleh berkat Tuhan.
Tubuh dosa dan tubuh maut telah hilang kuasanya Roma 6:6 karena kita tahu bahwa manusia lama kita telah turu disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.

Kekristenan ini bukan agama yang hanya janji kosong, melainkan bukti, bukti keselamatan kita, bukan hasil dari kegiatan keagamaan, melainkan bukti atas jaminan tubuh yang telah hilang kuasa dosa dan kuasa mautnya, karena telah dikalahkan oleh Kristus melalui kematian dan kebangkitanNya.

Orang Kristen yang mengejar bukan dengan iman melainkan dengan perbuatan akan tersandung dan menjadikan orang Kristen hidup tanpa jaminan dari Kristus Roma 9:31-33 Tetapi; bahwa Israel, sungguhpun mengejar hukum yang akan mendatangkan kebenaran, tidaklah sampai kepada hukum itu. 32 – mengapa tidak? Karena Israel mengejarnya bukan karena iman, tetapi karena perbuatan. Mereka tersandung pada batu sandungan. 33 – seperti ada tertulis : “Sesungguhnya, Aku telah meletakkan di Sion sebuah batu sentuhan dan sebuah batu sandungan, dan siapa yang percaya kepadaNya tidak akan dipermalukan.”

Roma 11:7 jadi bagaimana?  Israel tidak memperoleh apa yang dikejarnya, tetapi orang-orang yang terpilih telah memperolehnya. Dan orang-orang yang lain telah tegar hatinya.
1 Petrus 2:8 mereka tersandung padanya, karena mereka tidak taat kepada Firman Allah, dan untuk itu mereka juga telah disediakan.
 Pdt Felix Agus Virgianto

No comments:

Post a Comment