Translate

Sunday 19 February 2012

SIASAT SETAN MERUSAK MANUSIA

1.SETAN ADALAH LAWAN ALLAH Setan. adalah lawan Allah. MATIUS.13:28a Jawab tuan itu: Seorang musuh yang melakukannya. Setan adalah musuh Allah dalam Matius 13:28. Digunakan kata “musuh”, tetapi kita harus menyadari bahwa Setan bukan hanya musuh Allah tetapi juga lawan Allah.Ini dikarenakan dia berada di dalam alam lingkup Allah berada. AYUB.1:6 Pada suatu hari datanglah anak-anak Allah menghadap TUHAN dan di antara mereka datanglah juga Iblis. Nama Setan dari bahasa Ibrani yang berarti “lawan”. Dari luar dia adalah musuh, dari dalam dia juga adalah lawan, bukan hanya dulu demikian, sekarang tetap demikian. Kitaharus menyatakan bahwa di dalam alam semesta Allah memiliki musuh dan bahkan lawan dalam KerajaanNya.















2.MENYEMBUNYIKAN DIRI DALAM ULAR YANG LICIK
KEJADIAN.3:1 memperlihatkan, bahwa Setan menyembunyikan dirinya dalam ular yang licik. 2KORINTUS.11:3 dan WAHYU.12:9. Setan selalu menyembunyikan diri dalam benda, perkara, atau bahkan dalam orang. Dalam Matius 16, Setan menyembunyikan diri dalam Petrus, sehingga Tuhan Yesus bahkan menyebut Petrus, “Iblis” ayat.23. Kali pertama Setan datang kepada manusia, dia menyembunikan dirinya dalam seekor ular. Karena Setan menyembunyikan diri dalam ular itu, akhirnya dalam WHAYU 12:9. Namanya di sebut si ular tua.

3.MENGHALANGI ALLAH DENGAN MENDAHULUI

MENYEROBOT MENGONTAK MANUSIA. Bahwa maksud Allah ialah masuk ke dalam manusia untuk menjadi hayat manusia. Tetapi dalam Alkitab kita dapat melihat, ketika Setan menyadari bahwa Allah bermaksud melakukan sesuatu, dia lalu mendahuluiNya dengan menyerobot, untuk menghalangi Allah melakukan maksudNya. Karena itu, sebelum Allah datang dan masuk ke dalam manusia, Setan telah datang. Karena Allah itu lapang, Dia tidak akan memaksa manusia untuk memilih dan menerima Dia. Dalam usahanya menghalangi Allah melaksanakan kehendakNya terhadap manusia, Setan bertindak terlebih dulu untuk masuk ke dalam manusia, menyerobot mendahului Allah.

Sepertinya Allah selalu datang lebih lambat daripada yang kit harapkan. YOHANES.11. memberi tahu kita, ketika Tuhan mendengar bahwa Lasarus sakit, Dia tetap tinggal di tempat Dia berada selama 2 hari ayat.6. Dalam waktu itulah Lasarus mati, dan kemudian Tuhan pergi membangkitkan dia dari kematian. Maria memberi tahu Tuhan, “ Bila Engkau ada di sini, saudaraku tidak akan mati “ ayat.21,32. Dalam Alkitab terdapat banyak contoh yang memperlihatkan kepada kita, bahwa Allah tidak melakukan banyak hal sedemikian cepat.

4.MENDEKATI PEREMPUAN DENGAN MENJAMAH PIKIRANNYA.

Lawan Allah yang licik mendekati perempuan, bejana yang lebih lemah, dengan menjamah pikirannya. Dalam KEJADIAN.3:1b. Ia bertanya kepada perempuan itu, “ Tentulah Allah berfirman: Semua pohondalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?”

Inilah pertanyakan yang ditaruh ke dalam pikiran Hawa, dan pertanyakan ini membangkitkan keraguan dalam pikirannya. Inilah butir yang harus kitaetan tekankan. Setan selalu mendekati orang dengan menjamah pikiran y ang ragu. Di sini Setan menanyakan sesuatu mengenai Allah, dan pertanyakan ini, tanpa diragukan, membangkitkan pikiran Hawa. Setan melakukan ini untuk mencegah Hawa menggunakan rohnya. Ketika Allah datang kepada kita, Dia selalu menjamah roh kita. Ketika Setan datang kepada kita, dia selalu datang kepada pikiran kita. Roh adalah “ kamar “ yang Allah jamah, dan pikiran kita adalah “ kamar “ yang Setan jamah. Setan selalu datang menjamah pikiran manusia.

5.MENYEBABKAN PIKIRAN MANUSIA MERAGUKAN FIRMAN ALLAH.

Setelah Setan datang menjamah pikiran perempuan itu, ia menyebabkan pikiran manusia meragukan firman Allah KEJADIAN.3:4. Dalam KEJADIAN.3:1,ia menggerakkan pikiran Hawa; dalam ayat.2 dan 3, Hawa mulai berbicara kepadanya. Ini berarti Hawa telah jatuh ke dalam jerat. Hawa seharusnya tidak berbicara dengan ular itu atau menjawabnya. Dia seharusnya berdiri di atas firman Allah dan lari pencoba ini. Hawa bukannya lari, malah menjawab,” Buah pohon-pohon dalam taman ini boleh kami makan,tetapi tentang buah pohon yang ada di tengah-tengah taman, Allah telah berfirman; Jangan kamu makan ataupun raba buah itu, nanti kamu mati” ayat.2-3.Pembicaraan pendek ini menunjukkan Hawa telah jatuh ke dalam jerat.

Jawabannya membuka pintu bagi ular untuk berkata kepada perempuan itu.” Sekali-kali kamu tidak akan mati” ayat.4. Ini adalah langkah lanjut yang diambil Setan untuk menghadapi pikiran perempuan itu. Setan bukan hanya datang menjamahpikirannya, bahkan akhirnya Setan menyebabkan pikiran manusia meragukan firman Allah. Itu berarti racun ular itu telah masuk ke dalam pikirannya, karena perkataan Setan telah masuk ke dalamnya. Ketika perkataan seseorang telah masuk, itu berarti pribadi orang itu juga masuk. Demikianlah pikiran manusia teracuni, tercemari.

6.MENGGERAKKAN EMOSI MANUSIA UNTUK TIDAK MENYUKAI ALLAH.

Setan juga menggerakkan emosi manusia untuk tidak menyukai Allah. Ini dibuktikan oleh ayat.5, saat Setan berkata kepada Hawa, “Tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat. Perkataan ini adalah perktaan jahat, menggerakkan emosi Hawa untuk tidak menyukai Allah. Hawa mungkin merasa bahwa Allah telah menyisakan beberapa hal yang baik dan tidak diberikn kepadanya. Ini adalah kelicikan musuh meracuni emosi manusia.

7.MEMPERDAYAI TEKAD MANUSIA UNTUK MEMILIH POHON PENGETAHUAN. 


Setan memperdayai tekad manusia untuk memilih pohon pengetahuan. Setelah perkataan Setan dalam ayat 5, ayat.6 mengatakan, Peremouan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagi pula itu menarik hati karena pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya, dan dimakannya.” Inilah penipuan tekad manusia untuk membuat keputusan mengambil bagian dalam pohon pengetahuan tentang yang baik dan jahat. 

8.MENCEMARI SELURUH JIWA MANUSIA.

Pada saat ini, Setan telah mencemari seluruh jiwa manusia: pikiran, emosi, dan tekad. Pikiran teracuni, emosi teracuni, dan tekad teracuni; jadi, seluruh jiwa telah tercemari .

9.MASUK KEDALAM TUBUH MANUSIA,

MENJADI KEJAHATAN DALAM DAGING MANUSIA.

Setelah Hawa dan Adam mengambil buah pohon pengetahuan, Setan masuk ke dalam tubuh manusia dan menjadi kejahatan dalam daging manusia. Disini kita harus menggunakan ROMA.7:17-18a Paulus mengatakan, bahwa di dalam dagingnya tidak ada sesuatu yang baik. ROMA.7:21. ”Yang jahat” tentunya adalah hayat si jahat, sifat dan karakter Setan sendiri, yang adalah dosa yang tinggal di dalam kita.

Ketika dosa itu “diam “ di dalam kita, itu hanyalah dosa, tetapi ketika dosa “ bangkit “ di dalam kita oleh gugahan tekad kita yang ingin berbuat baik, ia menjadi “ yang jahat “. Ayat 23. Dosa dan kejahatan ada di dalam anggota-anggota tubuh manusia, didalam daging. Ini memperlihatkan kita, begitu manusia berbagian dalam pohon pengetahuan, seluruh dirinya telah dicengkeram oleh Setan.

10.MENAWAN LAKI-LAKI MELALUI PEREMPUAN.

Setan menawan laki-laki melalui perempuan KEJADIAN.3:6b. Ia mula-mula mendapatkan bejana yang lebih lemah, perempuan, kemudian menggunakan perempuan untuk menawan laki-laki. 1TIMOTIUS.2:14. Bukan laki-laki yang tertipu, tetapi perempuan itu. Sejarah member itahu kita, bahwa Setan kerkali-kali menggunakan perempuan untuk mendapatkan laki-laki dan merusaknya.

11. MENJADI SATU DENGAN MANUSIA DAN MEMISAHKAN MANUSIA DARI ALLAH MELALUI MEMATIKAN ROH MANUSIA.

Setan menjadi satu dengan manusia dan memisahkan manusia dari Allah melalui mematikan roh manusia. EFESUS.2:1,12 dan 4:18. Dalam ayat-ayat ini kita dapat melihat, bahwa manusia dipisahkan, diputuskan dari Allah, dan bahkan diputuskan dari hayat Allah. Kita dapat melihat, bahwa manusia telah sangat jatuh. Pikiran teracuni, emosi teracuni, tekad teracuni, dan tubuh teracuni. Juga roh manusia dimatikan. Seluruh diri manusia telah teracuni, dimatikan, dan dipisahkan dari Allah.

12.MERAMPAS MANUSIA UNTUK MENGHALANGI ALLAH MERAMPUNGKAN KEHENDAKNYA.

Setan merampas manusia untuk menghalangi Allah dari perampungan kehendakNya. Saat ini manusia ada dalam tangan Setan. Setan menggunakan seluruh umat manusia untuk melakukan kehendaknya, menghalangi Allah merampungkan kehendakNya. Manusia diciptakan Allah untuk merampungkan kehendakNya, tetapi manusia jatuh ke dalam rampasan tangan Setan. Inilah siasat Setan untuk merusak manusia. Kita harus menekankan, bahwa Setan merusak manusia dengan mencemari jiwa manusia dan mematikan rohnya. Kita juga harus menunjukkan, bahwa tubuh manusia dirusak sehingga menjadi daging. Dalam daging, tubuh manusia yang rusak ada dosa, dan bila dosa ini aktif maka menjadi “yang jahat “ ROMA.7:21. Dosa dan kejahatan adlah hal yang sama. Istilah “ dosa “ kebanyakan menunjukkan sifatnya, sedangkan istilah “ kejahatan “ kebanyakan menunjukkan tindakan-tindakannya. Sebenarnya dosa dan kejahatan keduanya adalah Setan sendiri. Setan sendiri dalam daging kita adalah dosa. Bila dosa bertindak, itu adalah kejahatan. Kita dapat melihat bahwa seluruh diri manusia telah sangat jatuh karena makan buah pohon pengetahuan. JIWA tercemar, roh dimatikan, dan tubuh dirusak.



Pdt. Felix Agus Virgianto
Khotbah Paskah TGL.10 April 2009

No comments:

Post a Comment